Rabu, 06 Mei 2020

CERMIN HATI

CERMIN HATI

Ibnul Qayyim mengatakan :

وَقَدْ جَعَلَ اللَّهُ سُبْحَانَهُ الْعَيُنَ مِرْآةَ الُقَلْبِ فَإِذَا غَضَّ الْعَبْدُ بَصَرَهُ غَضَّ الْقَلْبُ شَهْوَتَهُ وَإِرَادَتَهُ وَإَذَا أَطْلَقَ بَصَرَهُ أَطْلَقَ الْقَلْبُ شَهْوَتَهُ

"Sungguh Allah ﷻ jadikan mata itu sebagai cermin hati. Jika seorang hamba mengontrol pandangannya berarti dia mengontrol syahwat (rasa senang) dan keinginan hatinya. Sebaliknya jika tidak ada kontrol pada pandangan berarti tidak ada kontrol untuk syahwat hatinya".

(Raudhoh al-Muhibbin hlm 146, Dar Alam al-Fawaid)

Mata adalah cermin hati. Mata itu memantulkan konten hati kita. Cara mudah untuk tahu muatan hati kita adalah melihat apa yang suka dilihat oleh mata kita.  Adakah sama?

• Orang yang matanya suka dipakai untuk baca buku agama dengan dengan mata yang digunakan untuk membaca cerita-cerita tidak bermutu?

• Orang yang matanya hobi memandangi gambar gadget terbaru dengan dengan mata yang hobi memandangi ilmu?

• Mata yang gemar menatapi film atau tontonan baru dengan mata yang selalu rindu membaca baris demi baris sabda Nabi penerima wahyu?

• Orang yang "syahwatnya" tertuju kepada ilmu dan hal-hal bermutu dengan orang yang "syahwatnya" hanya untuk memuaskan keinginan yang tidak akan pernah berhenti seiring berjalannya waktu.

Moga Allah sempurnakan cahaya hidayah untuk penulis dan semua pembaca tulisan ini.

Penulis : Ustadz Aris Munandar SS  M.P.I حفظه الله تعالى
Pondok Pesantren Hamalatul Qur'an Tamantirto Kasihan Bantul Yogyakarta
https://www.instagram.com/p/B_3cld2Au8W/?igshid=18xbrwkt0yzqf




Tidak ada komentar: